Home / BERANDA / Kapolda NTT Resmikan Rumah Baca Merah Putih Polres Belu

Kapolda NTT Resmikan Rumah Baca Merah Putih Polres Belu

Kapolda NTT tinjau rumah baca merah putih Polres Belu

Tribratanewsbelu.com-Polda NTT, Kapolda NTT Irjen Pol.Drs. Agung Sabar Santoso, SH, MH, meresmikan rumah baca merah putih Polres Belu, di desa Jenilu, kec. Kakuluk Mesak, kab. Belu, rabu (30/8/17).

Peresmian rumah baca yang dilaksanakan usai penutupan rapat kerja triwulan II Polda NTT tahun 2017, ditandai dengan penandatangan prasasti dan pengguntingan pita oleh Kapolda NTT, yang didampingi Waka Polda NTT Brigjen Pol. Drs. Victor Gustaaf Manoppo, Irwasda Polda NTT Kombes Pol Drs. Novi Ermansyah, Kapolres Belu Akbp Yandri Irsan, SH, SIK, M.Si serta Pastor Paroki Atapupu Romo Yoris Giri, Pr.

Dalam sambutannya, Kapolres Belu mengungkapkan bahwa rumah baca ini didirikan, berangkat dari terobosan kreatif yang dilakukan 2 anggotanya yakni Bhabinkamtibmas desa Kabuna Bripka Abraham Duka dan Bhabinkamtibmas desa Kenebibi Brigpol Krispianus Ola Komek, dalam menumbuhkan minat baca masyarakat melalui perpustakaan keliling dan menjadi pengajar buta aksara.

“Bripka Bram selama ini berjuang, mengajak warga meningkatkan minat baca. Sambil patroli, dia bawa buku-buku kemudian dibagikan kepada masyarakat. Bahkan bagian belakang motornya di modifkasi, biar bisa menaruh buku-buku bacaan untuk masyarakat” kata Kapolres Belu.

“Sementara Brigadir Kresna, selama ini tidak memiliki ruang khusus dalam memberikan pelajaran baca tulis kepada warga buta aksara di wilayah perbatasan ini. Kadang pinjam rumah tetangga, kadang juga di bawah pohon. Yang lebih terharu lagi, mereka yang belajar pada umumnya para orangtua yang memiliki tingkat kesulitan lebih tinggi dibandingkan anak-anak” lanjut Kapolres Belu.

“Atas dasar inilah, Kami mendirikan rumah baca ini guna memfasilitasi apa yang menjadi terobosan kreatif mereka (bhabin) yang kiranya dapat bermanfaat untuk masyarakat” ungkap Kapolres Belu.

Kapolda NTT memberikan buku tulis dan kaos kepada warga komunitas buta aksara
Bripka Bram dengan motor Bhabinnya yang sudah dimodifikasi untuk pelayanan perpustakaan keliling

Sementara Kapolda NTT, dalam sambutannya memberikan apresiasi kepada dua anggota Bhabinkamtibmas Polres Belu atas ide-ide kreatifnya yang secara tidak langsung mendukung salah satu program Presiden RI Jokowi yakni program Indonesia pintar.

“Ini sangat membanggakan Kita semua. Dengan keterbatasan dan segala kekurangan, mereka mau membantu masyarakat untuk menjadi pintar. Saya harap ini bisa menjadi motivasi untuk yang lain karena menjadi pintar bukan hanya tanggung jawab Pemerintah tapi tanggung jawab Kita semua” kata Kapolda NTT.

Diakhir sambutannya, Kapolda NTT meminta aparat TNI, Polri dan Pemerintah, untuk menjaga kekompakkan dan terus menjalin komunikasi secara baik sehingga apa yang diharapkan pemerintah yakni kesejahteraan, keamanan dan ketertiban masyarakat, dapat berjalan dengan kondusif.

Acara peresmian yang berlangsung sekitar pukul 14.00 wita, dihadiri para Pejabat Utama Polda NTT, Kapolres jajaran Polda NTT , Waka Polres Belu, para pejabat utama Polres Belu, unsur Tripika Kec. Kakuluk Mesak, tokoh agama, tokoh pemuda, tokoh adat serta komunitas buta aksara binaan Brigadir Kresna.

Foto bersama: Kapolda NTT, Waka Polda NTT, Kapolres Belu, Ketua Bhayangkari, Bripka Bram dan Brigpol Kresna

About admin

Check Also

Temui Sekelompok Pemuda di Pertokoan, Patroli Malam Dalmas Polres Belu Imbau Jauhi Balapan Liar

Tugas anggota Sabhara yang wajib dilaksanakan untuk menciptakan situasi yang kondusif salah satunya adalah melakukan …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *