Home / BERANDA / Jamin Situasi Kondusif di Hari H Pelantikan Presiden RI, Polres Belu Tingkatkan Pengamanan Mako dan Patroli

Jamin Situasi Kondusif di Hari H Pelantikan Presiden RI, Polres Belu Tingkatkan Pengamanan Mako dan Patroli

Guna mengantisipasi situasi kontijensi dan terpeliharanya situasi kamtibmas yang kondusif menjelang, selama dan sesudah pelantikan Presiden dan Wakil Presiden RI, Kepolisian Negara Republik Indonesia menetapkan siaga 1 di seluruh wilayah Indonesia.

Pelaksanaan siaga 1 telah direspon secara baik oleh Kepolisian Resor Belu dan jajarannya yang sejak jumat (19/10/19) kemarin, melaksanakan apel kesiap siagaan bersama jajaran TNI dari Kodim 1605 Belu, Yon Raider Sus 744/ SYB, Subden Pom Atambua dan Satgas Pamtas RI-RDTL.

Tepat di hari pelantikan Presiden dan Wakil Presiden RI, minggu (20/10/19), Polres Belu kembali menggelar apel siaga, usai melakukan pengamanan ibadah Misa di Gereja-gereja yang ada di kota Atambua.

Dalam pelaksanaan apel tersebut, Kapolres Belu AKBP Christian Tobing, S.I.K.,M.H.,M.Si melalui Kabag Ops, AKP Januarius Seran, SH mengatakan, apel siaga di gelar dalam rangka mengecek kesiapan personil sekaligus memberikan sejumlah arahan yang wajib dilaksanakan.

“Meskipun pelantikannya di gelar di pusat, Siaga 1 nasional sudah ditetapkan Kapolri dan Kita wajib menyikapinya secara baik karena ancaman kamtibmas bisa terjadi setiap saat. Saya minta seluruh anggota untuk selalu memonitor perkembangan situasi kamtibmas dan laporkan kepada pimpinan apabila ada kejadian yang menonjol”kata Kabag Ops.

“Di siaga ini, Kita akan melaksanakan patroli siang dan malam di seputaran kota. Untuk anggota yang dipenjagaan, Kita harus betul-betul bertanggung jawab, disiplin dan peka dengan situasi yang ada karena bahaya bisa saja datang tanpa kita sadari dan ini akan beresiko besar, baik terhadap diri Kita maupun Mako, apabila Kita dalam kondisi tidak siap””lanjut Kabag Ops.

Berangkat dari penekanan Kapolres Belu tambah mantan Kabag Sumda, Polsek jajaran baik di kabupaten Belu dan Malaka, juga menggelar apel siaga sekaligus pengecekan anggota, sekaligus melaksanakan patroli di tempat-tempat berkumpulnya masyarakat.

“Siaga ini tidak hanya di Polres, tapi di seluruh jajaran juga diberlakukan siaga 1. Para Kapolsek juga sudah diperintahkan untuk cek betul-betul anggotanya dan rutin menggelar patroli di wilayah yang dianggap rawan kamtibmas”kata Kabag Ops.

“Terus juga para Bhabinkamtibmas, sudah ditekankan untuk intens melaksanakan sambang ke masyarakat. Monitor kegiatan masyarakt sekaligus berikan imbauan kamtibmas ke mereka ”pungkas Kabag Ops.

Apel siaga pukul 09.00 WITA di halaman Mapolres, dihadiri para Kabag, Kasat, Perwira Staf, Ajun Inspektur serta Brigadir dan ASN Polri.

Kabag Ops Polres Belu, AKP Jance Serah, SH, memimpin apel siaga, minggu, 20 Oktober 2019

About admin

Check Also

Penuh Haru, Anggota Polres Belu dan Bhayangkari Lepas Kepergian AKBP Christian Tobing

Usai kegiatan laporan kesatuan, Kapolres Belu AKBP Cliffry Steiny Lapian, S.I.K. bersama anggota dan Bhayangkari, …